Monday, March 27, 2017

Proses Seleksi Calon Staf PT Asuransi Jiwasraya (Persero)

Setiap perjalanan mencari pekerjaan harus kita syukuri terutama mendaftar di Perusahaan BUMN  yang sangat melatih kesabaran kita karena proses seleksi yang begitu panjang terutama Jiwasraya,



Daftar Online tanggal 28 Agustus 2016 sebelum batas akhir pendaftaran yang ditutup 3 September 2016... (Rekrutmen khusus yang lokasi tesnya di Pontianak, Makassar, Manado, dan Jayapura) walaupun ini cuma dibuka di empat kota tapi peminatnya sangat banyak sekali, dan jumlah yang akan diterima cuma beberapa saja..

sempat lupa juga klo pernah daftar online jiwasraya ini, karena baru dapat email lagi dari Tim Rekrut Jiwasraya itu 31 Oktober 2016, dua bulan lebih dari pendaftaran online sampe ke pengumuman tahap selanjutnya, tahap ini ada dua rangkaian tahap tes di hari yang berbeda, 1 november 2016 tes Online (GIA & PPA) oleh Thomas International, jadi kita tesnya online di rumah saja nantinya dikasi user sama password buat login, waktunya cuma 45, trus hari kamis 3 November 2016 Seleksi administrasi kelengkapan berkas, semua berkas dibawa hari itu juga dan mengisi semacam CV yang formatnya dari Jiwasraya langsung, kemudian lanjut Wawancara dari Tim Rekrut JS langsung yaitu dari SDM Jiwasraya, ada 3 orang pewawancaranya Mas Adit, Mas Lakso, sm Mas Novrizal, disini ditanya tanya tentang diri kita dan apa yang kita tulis di CV kita, intinya klo wawancara begini ya jujur saja apa adanya tanpa dibuat buat... setelah wawancara selesai pulang lagi nunggu pengumuman dan malam hari itu juga langsung di umumkan untuk ke tahap selanjutnya Leaderless Group Discussion di hari jumat 4 November 2016, waktu itu saya kebagian jadwal jam 10 pagi, perkelompoknya 8 orang, katanya teman seperjuangan tes ada juga yang kelompoknya ada 10 orang... LGD ini berlangsung 30 menitan, kita dikasi contoh kasus trus kita diskusikan, tips dari yang berpengalaman ikut tes LGD katanya jangan terlalu mencolok, selalu bicara, mending sedikit bicara tapi berbobot (ini nih yang aku pake pas tahap ini), sempat down sedikit pas teman sekelompok itu ada yang banyak bicara dalam arti dia mendominasi diskusi itu (dan yang ini ga lolos ke babak selanjutnya, gatau juga apa sebab dia ga lolos)...

hampir 3 minggu pengumuman ke tahap seleksi selanjutnya diumumkan di 22 November 2016 lewat email dimana tahap selanjutnya itu In-Depth Interview (wawancara langsung oleh Kepala Divisi SDM Jiwasraya dan Tim) 25 November 2016, saya kebagian jam 14.30 lokasi tesnya di kantor Wilayah Makassar di Ratulangi, dan ternyata dari 8 orang kelompok saya pas LGD kemarin itu yang lolos ke tahap ini ada tiga orang.. selama Tes wawancara ini ga ada batasan waktunya berapa lama, pokoknya sampe pewawancaranya puas nanya nanya, atau bisa jadi sampai ga ada lagi yang mau ditanyakan dan katanya ada 21 orang yang ikut tahap wawancara ini..

Ga butuh waktu lama menunggu pengumuman akhirnya di 2 November 2016 ada email dari Tim Rekrut Jiwasraya isinya pengumuman ke tahap selanjutnya yaitu Psikotes  6 November 2016, dari emailnya sudah ketauan klo yang di email itu ada 11 orang berarti kurang lebih setengah dari yang ikut tahap sebelumnya.. Nah, dari serangkaian seleksi ini, tahap ini yang paling lama, dari jam 8 pagi sampe Magrib, lokasi tesnya di hotel Horison untungnya kita dikasi makan siang di resto hotel, Alhamdulillah ada logistik.. Oia, sementara tes psikotestnya berlangsung, kita dipanggil satu satu untuk interview psikotest... lumayan sangat capek seharian tes ini.. siap siap minum vitamin saja..

Setelah tes Psikotest yang bikin punggung pegel pegel itu akhirnya dua hari kemudian 8 November 2016 ada email yang selalu kita tunggu tunggu (email dari Tim Rekrut Jiwasraya) yang isinya klo saya diundang ikut tahap selanjutnya, tahap terakhir dari serangkaian seleksi ini, tahap Medical Check Up (MCU) / Tes Kesehatan di hari sabtu 10 November 2016 jam 8 pagi, pas di email itu udah ketauan klo yang ikut MCU ini semuanya yang ikut tes Psikotest kemarin, sehari sebelum MCU kita di SMS sama Tim Rekrut JS klo sebaiknya puasa 12 jam sebelum ke Prodia,, disitu saya cuma puasa makan saja, cuma perbanyak minum air putih biar ga lemes pas di Prodia.. tapi yang penting sih kita dikasi makan di Prodianya,, yeayyy...

Pengumuman akhirnya yang bikin galau, degdegan juga... kan sedih rasanya klo sudah sampai tahap MCU ternyata ga keterima jadi pegawai Jiwasraya.. entah itu kita yang sakit atau memang benar benar ga memenuhi syarat atau mungkin bisa jadi ada yang aneh di diri kita sampe ga lulus psikotest.. intinya tetap  berpikir positif saja, perbanyak doa, Man Jadda Wajada, Man Shabara Zhafira, Man Sara Ala Darbi Washala.....

2,5 bulan waktu yang cukup lama untuk kita berdoa sambil menunggu pengumuman terakhir, ada satu waktu dimana hari itu antara tetap menunggu pengumuman terakhir ini atau melanjutkan mengajar lagi di kampus ketemu sama mahasiswa yang unyu' unyu', karena penasaran kapan akan diumumkan akhirnya dengan memberanikan diri saya telpon Pihak Tim Rekrut Jiwasraya tanya kapan diumumkan, dan jawabannya katanya minggu depan, 21 Februari 2017 akhirnya ada telpon dari Jiwasraya klo saya diterima bekerja, akhirnya penantian selama ini berbuah manis.. senang? iya (ga galau lagi), bahagia? iya (proses begitu panjang yang hasilnya membahagiakan), Sedih? Iya (sebentar lagi jadi anak kosan lagi, jauh dari orang tua lagi), dan tanda tangan kontraknya di tanggal 9 Maret 2017 hari itu cuma saya sendiri yang TTD Kontrak, sementara 8 teman yang lain TTD kontraknya di hari jumatnya 10 Maret 2017, dari 11 orang yang ikut tes tahap terakhir yang keterima ada 10 orang tapi satu orang terlanjur keterima di perusahaan lain, jadi cuma 9 (rekrut Makassar) yang jadi tanda tangan kontrak, kenapa saya ttd kontrak duluan karena harus ke jakarta 13 Maret 2017, 15 Maret 2017 kita mulai masuk kerja.. deg degan juga nih, belum cari kosan, sendirian pula jadi anak baru di kantor baru, kantornya juga belum tau dimana cuma tau alamatnya saja..

Oia,,,Terima kasih Untuk orang-orang yang selalu memberi dukungan, insyaAllah kebaikannya akan dibalas sama Allah...

Hikmah dari Proses Rekrutmen yang panjang ini (28 Agustus 2016 - 21 Februari 2017)... Ga ada Usaha yang Sia-Sia, di balik itu semua kita jadi lebih dewasa lagi, lebih menghargai waktu menunggu.
saya akan selalu mengingat setiap detil proses Rekrutmen ini, tak akan terlupakan..

4 comments:

  1. Saya di panggil utk hadir besok interview langsung oleh jiwasraya? Apakah benar jiwasraya bisa interview langsung mbak?

    ReplyDelete
  2. Saya di panggil utk hadir besok interview langsung oleh jiwasraya? Apakah benar jiwasraya bisa interview langsung mbak?

    ReplyDelete

komentar