Tuesday, June 7, 2016

perpanjangan dan perubahan data paspor

Assalamu alaikum...
Beberapa bulan ini disibukkan dengan masalah paspor... setelah saya pikir-pikir saya harus berbagi pengalaman ini ke orang orang yang mau buat paspor tapi datanya beda di KTP sama berkas lainnya dan juga yang kasusnya sama dengan saya,,, kenapa data paspor saya salah?.. awal pembuatan paspor saya itu di tahun 2009, dulu saya masih belum tau tentang paspor, saya cuma taunya paspor itu sebagai tanda pengenal kita di negera orang, waktu paspornya sudah jadi  saya cuek saja dengan data yang berbeda itu, pikirku itu adalah paspor Haji yang hanya dipake sekali, ternyata itu adalah paspor hijau yang bisa dipake ke seluruh negara... kesalahan saya adalah harusnya waktu paspornya terbit saya langsung perbaiki tahun lahir saya yang salah tapi yah itu saya hanya dengar dari orang orang yang telah melaksanakan ibadah haji klo paspornya beda sama paspor hijau itu... (kesalahan ini jangan diulang lagi sama kalian, cukup saya yang alami)...*rempong ngurusnya....
nah sebelum mulai mengurus ini itu, senjata saya mengumpulkan semua data asli saya (KTP, akta kelahiran, kartu keluarga, ijazah yang ini saya bawa semua ijazah yang memuat tanggal lahir saya). Ternyata tak sedikit masyarakat yang terkena kasus keimigrasian seperti saya dan tidak tau cara menyelesaikannya, mau gak mau kita harus intens datang ke imigrasi untuk tanya langsung ke petugas imigrasi itupun biasanya mereka hanya memberikan informasi umum contohnya cara pembuatan paspor, kalau ada masalah masalah lainnya ya harus ke bagian WASDAKIM (Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian) karena saya buat paspornya di imigrasi Makassar, saya harus ke kantor yang di Jl.Perintis, sampai di kanim perintis saya disuruh ke kantor imigrasi yang di Jl.alauddin, baru beberapa bulan yang lalu kantor imigrasi bikin cabang di alauddin resiko harus bolak balik perintis-alauddin yang butuh jarak tempuh 45 menit pake mobil, 25 menit pake motor yah mau gimana lagi karena berurusan dengan bagian ini adalah orang yang terkena kasus keimigrasian seperti paspor hilang, ubah data paspor, dll...

paspor saya yang expired agustus tahun 2014 itu seharusnya saya perpanjang 6 bulan sebelumnya artinya di februari 2014 saya harus perpanjang, tapi butuh waktu lama kalau harus ubah datanya waktu itu sementara saya sudah beli tiket ke singapur sama teman-teman waktu itu, jadinya kuputuskan untuk memperpanjang sesuai data yang di paspor saya sebelumnya, cerita perpanjangnya ada di postingan sebelumnya.

mumpung baru lulus kuliah, sudah tidak disibukkan dengan urusan kuliah, sekaranglah saatnya saya harus mempunyai paspor yang sesuai dengan tahun lahir saya yang sebenarnya, padahal paspornya baru expired februari 2019 tapi saya tidak mau mengulangi kesalahan saya yang menunda-nunda mengubah data paspor hanya karena memikirkan ribetnya pengurusannya dari A sampai Z,,,
saya mengurus perubahan data paspor ini sendiri yang kadang ditemani sama mama (ga pake calo),.. langsung saja ini tahap tahap pengurusan yang sudah saya lewati semua sampai paspor yang data tahun lahirku diubah ke data yang asli.
a. bawa dokumen asli semua dari akta kelahiran, KTP, KK, ijazah terakhir dan paspor lama yang untuk perpanjang sekalian mengubah data) ke kanim tempat diterbitkannya paspor yang lama.

b. langsung ke wasdakim untuk bertanya soal prosedurnya. kalau saya harus bolak balik kantor kanim yang di jl.perintis-jl.alauddin sehari hanya bisa satu kali bolak balik karena waktunya yang begitu kurang pas, pas nyampe kantor yang satunya tutup, hehe...

c. di wasdakim, saya ditanya-tanya kenapa bisa ada kesalahan data pada paspor, saya ceritakan dari A sampai Z nya, Alhamdulillah ibu wasdakimnya baik langsung minta saya ke pengadilan negeri sesuai alamat yang di ktp saya. padahal banyak yang bilang bagian wasdakim itu terkesan galak dan kurang ramah.. *janganpercayasebelummengalaminya, hehe

d. ke pengadilan untuk membuat surat putusan pengadilan. saya ke bagian perdata dengan membawa berkas yang sama dengan yang saya bawa ke kanim, langsung dibuatkan permohonan pengajuan perkara dan membayar di bank sebesar Rp 310.000, setelah itu ke kantor pos setempat minta pengesahan dengan membawa copyan berkas, sekalian beli materai 7 tau tau nanti dibutuhkan mending lebih daripada kurang, kalau lebih bisa dibagi ke yang membutuhkan kebetulan waktu itu banyak yang butuh materai, kemudian kebagian hukum minta di stempel pengesahan berkas yang tadi dan membayar lagi perlembarnya Rp 10.000 (berkas saya ada 5 lembar, KTP, kk, akta kelahiran, ijazah SMA, paspor lama) jadi Rp 50.000.

e. pulang ke rumah nunggu panggilan sidang, empat hari setelah pengajuan permohonan itu jadwal sidang saya sudah keluar, tiga hari setelahnya saya sidang, jadi dihitung dari awal pengajuan permohonan itu ada sekitar semingguan baru sidang. sebelum sidang saya minta tante dan om untuk jadi saksi di persidangan.

d. Alhamdulillah sidang yang berjalan 30 menit itu berjalan lancar permohonan saya diterima untuk perubahan data pada paspor dan saya ga se degdegan waktu sidang thesis.. :). kebanyakan ada yang ditolak juga tapi kasusnya beda dengan saya misalnya perubahan nama, untungnya saya cuma tahun lahirnya yang salah .. setelah sidang pertama nunggu seminggu lagi untuk sidang kedua yaitu sidang pembacaan putusan pengadilan. nah pas sidang kedua itu saya cuma datang berdua sama mama (ga perlu bawa saksi lagi).

e. putusan pengadilannya saya tunggu hari itu juga dan langsung jadi hari itu juga, setelah putusan pengadilannya jadi saya membayar lagi sebesar Rp 100.000 , setelah itu putusan pengadilannya saya copy, minta pengesahan dan bayar sebesar Rp 50.000

setelah putusan pengadilan sudah ditangan, saya tidak langsung ke kantor imigrasi waktu itu juga (masih capek memikirkan apakah nanti diterima atau ditolak kantor imigrasi karena putusan pengadilan itu cuma syarat awal). 

f. sebulan setelahnya saya ke kantor imigrasi dengan membawa surat putusan yang sudah dilegalisir, yang asli disimpan sendiri. saya mengikuti proses BAP (berita acara pemeriksaan) di bagian wasdakim. setelah itu semua berkas dan hasil BAP siap di proses. dua hari setelahnya saya dipanggil foto dan wawancara, kemudian kwitansi pembayarannya saya pegang dulu, waktu itu sudah diminta bayar hari itu juga tapi saya langsung pulang dan menunggu keputusannya permohonan saya disetujui atau tidak perubahan paspor saya sama pusat, seminggu kemudian baru saya bayar, dan paspor saya jadi tiga hari kerja setelah saya bayar sebesar Rp 350.000

saya mulai urusan perubahan paspor ini dari bulan januari sampai bulan April, sebenarnya bisa lebih cepat seandainya februari setelah putusan pengadilan keluar saya langsung ke imigrasi, tapi ya itu karena kebanyakan mikir, sebenarnya kalau berurusan sama imigrasi jangan setengah hati,, biar ga sakit hati,, hehe....
intinya jalani semua proses dengan sungguh-sungguh, kalau bisa urus sendiri (tenaga terkuras tapi dompet puas), jangan pakai calo karena kata orang kebanyakan calo itu PHP dan minta banyak bayaran..

Alhamdulilah setelah perjuangan ini paspor dengan data asli saya sudah jadi....

64 comments:

  1. permisi Admin

    sekedar saran untuk post ini sebaiknya ditambahkan tag "perbaikan" "penggantian "update" supaya google lebih mudah menemukan website ini

    saya memiliki kasus seperti dan tidak sengaja menemukan blog ini di halaman 4 google

    ke pokok pertanyaan
    maaf ini pengadilan negeri atau pengadilan agama ya ?

    dan kalau boleh tahu data mana (ijazah / akta / KTP+KK ) yg diacu sehingga data di paspor bisa keliru ?

    kalau saya hanya keliru di tanggal lahir saja

    di paspor 19Mei bertanggal lahir 19Mei karena berdasarkan surat nikah yg bertanggal lahir 19Mei sedangkan di KTP+KK bertanggal 5Mei

    kira2 jika ikuti proses persidangan di kantor pengadilan agama sampai pada akhirnya paspor baru hasil ralat terbit

    itu butuh biaya berapa rupiah dan apa tips2 tambahan supaya urusan ini cepat selesai

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sarannya mba...

      Ini ke pengadilan negeri bukan ke pengadilan agama...

      Kasus saya mengacu ke ijazah...

      Klo mau cepat selesai urusannya saran saya ga usah pake calo,, urus sendiru saja.. Memang menguras tenaga dan waktunya..
      Paling cepat bisa sebulan mba...

      Delete
    2. Untuk biayanya sudah saya cantumkan semua di postingan diatas mba... Terima kasih

      Delete
  2. Mba klo tgl bln dn thn beda lbh ribet ga ya urusan'y.??
    Trs klo ga pke akte bisa ga dgnti pke ijasah mksd sya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas mba...iya,Ribet mba, tapi klo ikuti langkah langkah yg aku sebutin diatas itu lebih cepat selesainya...

      Boleh pake ijazah.. Asal data di ijazah sama dengan data di ktp dan kartu keluarga...

      Delete
  3. Makasih, mb.. skrg sy jg sedang jalani proses perbaikan data paspor, share aja nih, data paspor sy keliru d tahun lahirnya. semua data pendukung, KK, KTP, akta lahir, ijazah, menyatakan lahir d Surabaya, tp d paspor mnyatakan lahir d Sidoarjo. Jd sy cukup ke Wasdakim imigrasi tempat sy bikin paspor pertama dl. Di BAP d sana, trus 7 hari kerja dtg lg ke imigrasi, surat putusan kepala imigrasi dah turun, lgsg dpt nomer antrian khusus. Selang 5 menit sy lgsg dipanggil buat foto, pengambilan sidik jari sambil d wawancara byasa. Nah setelah itu sy d suruh nunggu keputusan pusat, ga tau bakal brp lama, semoga aja cepet, stelah itu baru bisa bayar k bank. Nah, skrg sy lagi d proses menunggu keputusan nih, smoga cepet deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa prosedurnya begitu mba,, dulu saya nunggu putusan dari pusat itu semingguan juga baru bayar ke bank..

      Delete
  4. Hello ...sama gak pengurusannya klo bedah tempat tanggal lahir yang di passpor sm ijaza aku?

    ReplyDelete
  5. Hello ...sama gak pengurusannya klo bedah tempat tanggal lahir yang di passpor sm ijaza aku?

    ReplyDelete
  6. Hello ...sama gak pengurusannya klo bedah tempat tanggal lahir yang di passpor sm ijaza aku?

    ReplyDelete
  7. Mbaa itu pengadilnnya di pengadilan tmpat kita tinggal kan mbaa,, bukan dijakrtaa kann..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, di pengadilan tempat kita tinggal...

      Delete
    2. Iya mba, di pengadilan tempat kita tinggal...

      Delete
  8. mba saya sudah BAP stengah bulan yg lalu tapi smpai skrang lom dpt info lgi dari kantor imigrasi,menurut mba itu knapa yah ko saya lom dapat kabar lagi dari kantor imigrasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya mba balik lagi ke kantor imigrasi tanyakan kenapa kelanjutan bap mba

      Delete
  9. mba saya sudah BAP stengah bulan yg lalu tapi smpai skrang lom dpt info lgi dari kantor imigrasi,menurut mba itu knapa yah ko saya lom dapat kabar lagi dari kantor imigrasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya mba balik lagi ke kantor imigrasi tanyakan kenapa kelanjutan bap mba

      Delete
  10. Mba... sama kasusnua nih.
    Tp masalahnya.
    Paspor keluaran Bogor.
    Alamat KTP lampung.
    Skrng sy domisili di Jambi.
    Sy mesti gimana ya mba.
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya,klo mba sebelumnya belum punya paspor, mba ke kantor imigrasi terdekat kemudian ke bagian wasdakim disana nanti mba akan di kasi tau prosedur selanjutnya untuk ke pengadilan sesuai alamat ktp mba...

      Delete
  11. Mba... sama kasusnua nih.
    Tp masalahnya.
    Paspor keluaran Bogor.
    Alamat KTP lampung.
    Skrng sy domisili di Jambi.
    Sy mesti gimana ya mba.
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya mba ke kanim tempat paspornya diterbitkan... nanti minta penjelasan sama orang kanimnya langsung

      Delete
  12. Mba apkh nnti Klo Pasport kta udh d gnti dta'y k data yg asli g akn ad mslh lg Klo msk k LN tau sndri kn ngra Singapore it ketat bgt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo yang ini aku juga belum tau mba, soalnya pasporku belum kupake lagi ke singapur...

      Delete
  13. Hai kakak, aku mau tanya, kalo untuk surat permohonannya sendiri gimana kak? Kita buat sendiri kah? Atau nanti dibimbing pihak wasdakim kak? Makasih banyak sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti dikasi arahan sama wasdakim, intinya melapor dulu ke wasdakim

      Delete
    2. Untuk yang jadi saksi di PN nya harus selain orang tua kita kah kak?

      Delete
    3. yang jadi saksi sebaiknya keluarga terdekat, om dan tante, yang tau kelahiran kita.

      Delete
  14. MBa ngajuinnya mesti kekanin lama tempat diterbitkannya paspor lama ya ...kalo misalkan ngajuinnya kekanin deket tempat tinggal kita kira2 bermasalh ngga ya.... dan waktu kita sidang dipengadilan diintrigasi tentang apa y mba... trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba ngajuinnya harus di kanim tempat diterbitkannya paspor lama... klo masalah ngajuin di kanim dekat tempat tinggal bermasalah apa ngga itu juga saya kurang tau mba... klo di pengadilan di tanya masalah kebenaran data asli dan kenapa data yang dulu bisa salah...

      Delete
  15. Assalamualaikum mba.ini kasusnya sama persis ky saya.saya kerja ke LN dibawah umur.jadi harus diganti tahun lahir.di tuain sampai 7thn.kira2 kalo tahun lahirnya dituakan sebanyak ini.kira2 mudah gak mba?
    Terus..kira2 bisa gak selesai dalam waktu 1bulan?.soalnya baca punya mba lama banget selesainya sampai 4bulan.
    Tolong dijelaskan ya mba. Trimakasih banyak.
    Wassalam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikum salam mba... klo sengaja dituain sampai 7 tahun saya juga kurang tau mba, soalnya keputusan pengadilan itu cuma syarat awal saja, yang menentukan bisa tidaknya itu kanim... sebaiknya mba langsung ke kanim saja nanya ke yang berwajib ke bagian wasdakim...
      klo masalah bisa selesai dalam 1 bulan itu tergantung mba rajin ke kanimnya dan juga tergantung kanimnya...

      Delete
    2. Wah..kira2 kena denda gak mas.n apakah akan dipermudah ato sebaliknya yah ? Saya takut nanti jd kena kasus.. awal mula sy gak tau bakal ky gini jadinya.ini gara2 sy merantau keluar negeri .

      Delete
    3. Wah..kira2 kena denda gak mas.n apakah akan dipermudah ato sebaliknya yah ? Saya takut nanti jd kena kasus.. awal mula sy gak tau bakal ky gini jadinya.ini gara2 sy merantau keluar negeri .

      Delete
    4. Dicoba saja dulu mba tanya ke wasdakim... klo saya dulu cuma sedikit bedanya...

      Klo kasus mba 7 tahun bedanya, saya juga gatau bisa apa tidak..

      Yang saya baca dari tulisan org2 katanya tahun ini diperketat lagi aturannya..

      Delete
    5. Mas..kalo sy bikin paspor baru dengan data diri asli saya..kira2 dipersulit juga gak yah.
      Saya udah siap nanggung resiko gak bisa balik ke negara yg udah pernah saya enter...

      Delete
    6. Nanyanya datang ke tempat imograsi di bagian wasdakim yah mas ?

      Delete
    7. Nanyanya datang ke tempat imograsi di bagian wasdakim yah mas ?

      Delete
    8. Mas..kalo sy bikin paspor baru dengan data diri asli saya..kira2 dipersulit juga gak yah.
      Saya udah siap nanggung resiko gak bisa balik ke negara yg udah pernah saya enter...

      Delete
    9. Saran saya jangan bikin baru.. sebaiknya di perpanjang... karena akan terbaca oleh sistem klo mba sudah punya paspor sebelumnya dengan data yg beda..
      Ke wasdakim dulu mba minta penjelasan langsung sama org kanim...

      Delete
  16. saya baru saja buat paspor kmarin saat saya sadar ternyata nama di akte itu beda dengan nama KK, IJAZAH dan KTP... saya ingin menganti nama di paspor kira-kira langkah yang harus ditempuh sama gak ya seperti diats?

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya mba di paspor ngikutin nama di akte atau kk?...
      biasanya klo ada data yang beda itu permintaan pembuatan paspor kita ditolak sama kanim...

      Delete
    2. Mbak..kmrn sy baru BAP. Jadi setelah poto trs di Kasih kwitansi pembayaran kita masih nunggu keputusan dr pusat? trs kita di sms atau gmn biar bisa tau permohonan paspor kita di acc? Sy gagal paham, saya pikir stlah di suruh poto artinya permohonan kita sudah di setujui. Ternyata masih nungu ya hehe

      Delete
    3. waktu itu saya disuruh poto dulu mba, baru dikasi kwitansi,, setelah itu baru pihak kanim nelpon ngasih tau klo permohonan saya diterima dan disuruh bayar ke bank..

      Delete
  17. Mbak kalo data tahun lahir di paspor dan ktp bakal bermasalah gak ya?
    Ibuku baru aja perpanjang paspor, datanya ngikut paspor lama yg dulu dibikinin travel haji dan itu tahun lahirnya salah.

    Tapi kok tahun lahir beda sama ktp lancar2 aja ya berangkat haji dan umrohnya?
    Mana paspor barunya ini udah terlanjur dibayar hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun lahir di paspor dan ktp beda maksudnya

      Delete
    2. Saran saya Sebaiknya diubah mba.. daripada nantinya bermasalah juga mending diubah ke data yg benar

      Delete
    3. Saran saya Sebaiknya diubah mba.. daripada nantinya bermasalah juga mending diubah ke data yg benar

      Delete
  18. Mbak kalo tempat lahir salah perlu diubah juga? Saya lahirnya kabupaten semarang tapi tertulis nya semarang. Saya baru sadar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya klo tempat lahir juga perlu diubah klo beda mba...

      Delete
    2. Setau saya klo tempat lahir juga perlu diubah klo beda mba...

      Delete
  19. Apa perlu ke pengadilan juga mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti akan dikasi petunjuk sama orang kanim mba... jika harus ada putusan pengadilan nanti orang kanim akan minta kita ke pengadilan...

      Delete
  20. Kasus dgn yg sma mba dgn org tua kami mba, kami uruskan paspor org tua krn mau umrah mba...
    Z udh ikuti saranya mba tapi z bertanya sma org yg krja di imigrasi bilangx bahwa data d paspor d ikuti sehingga mntanya data asli yg d rubah menyusuaikan data d paspor...
    Terus z mau mnta surat pengantar keterangan dri pengadilan negri, tpi bilangnya langsung sja ke kantor imigrasi... bingung z mba, pdhal jarak tempuh dri kampung mba jauh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya lebih baik mengubah data di paspor yang salah itu walaupun memakan waktu yang lebih banyak karena jika data yg asli yg diubah menjadi palsu itu bakalan ribet kedepannya mba, bukan apa apa semua data dari kita kecil itu yang asli dan semuanya harus diubah demi paspor... akan lebih baik lagi jika semua berkas yang kita punya itu sesuai data asli...

      Delete
    2. Tpi sdh menghadap ke imigrasi... bilangnya harus je pengadilan, terus ke pengadilan ngomongx bahkan hakim tdak mau krn tdk ada dasar hukumnya mba kata hakim...
      Sdh bingung ini ke imigrasi ndk bisa, ke pengadilan tdk bisa dan d capil jga ndk bisa...
      Pengadilan mana mbak yg sdh selesaikan kasus sprti ini mba...
      Apa bisa mnta nmr hpx supaya kami bisa mnta petunjuk langsung dri mba.

      Delete
    3. ke pengadilan negeri setempat mas... ke bagian perdata dengan membawa berkas yang sama dengan yang dibawa ke kanim, langsung dibuatkan permohonan pengajuan perkara..

      Delete
  21. Mbak saya udah 2 minggu di bap di seksi wasdakim tapi sampai saat ini. Belum di hubungi sama pihak imigrasi..

    Setelah saya datang ke imigrasi.. Petugas nya bilang. Keputusan dari pusat belum turun

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang begitu mas dan mbak... keputusan dari pusat,, jika keputusannya mengizinkan kita merubah data paspor, baru kita bisa ubah...

      Delete
  22. Smau tanya identitas sy atika nah di paspor athika smntara sy mau daftar beasiswa diminta data sesuai paspor kalo gini bisa kah kita melapor ke kanim?

    ReplyDelete
  23. Smau tanya identitas sy atika nah di paspor athika smntara sy mau daftar beasiswa diminta data sesuai paspor kalo gini bisa kah kita melapor ke kanim?

    ReplyDelete

komentar