Monday, August 31, 2015

LULUS

Dua tahun berjuang di kampus ini, sepertinya baru kemarin saya ikut tes masuk pascasarjana disini, dua hari berturut-turut, hari pertama tes kemampuan akademik yang semuanya materi waktu S1 dulu (kalkulus, aljabar, analisis, dan statistika matematika) semuanya dalam sehari, pulang-pulang tepar, hari kedua tes paps dan acept, sebenarnya walaupun tidak ikuti tes ini katanya sih bisa lulus dengan syarat sudah ada sertifikat tpa bappenas dan toefl itp... alhamdulillah dua hari itu saya ikuti semua walaupun dalam keadaan sakit, demam tinggi, kehabisan suara, alhamdulillah ditolong sm kk darma, punggungku dikasi koyo katanya biar kuat,,  dan akhirnya berbuah manis perjuanganku itu...

awal masuk kuliah sudah ada beberapa teman baru walaupun masih bisa dihitung jari, tapi seiring waktu bisa juga hapal nama teman satu satu walau kadang namanya kebalik, haha.. kuliah yang waktu S1 dulu yang sekelas itu itu aja temannya sampe lulus, sekarang tiap matkul temannya beda beda..  sempat pusing juga liat nilai semester satu yang kurang memuaskan itu mungkin salah satunya karena masalah mencari pasangan hidup, haha.. Alhamdulillah bisa kuperbaiki di semester selanjutnya,, sempat galau juga pas penulisan tesis, beberapa kali ganti topik, ganti jurnal tapi susahnya tiap ganti jurnal berarti harus ganti program (semacam kalkulator matematika gitu), tapi ga jauh jauh dari yang namanya premi, manfaat, cadangan, pokoknya tentang dunia peasuransian...

bicara tentang tesis banyak yang nanya kok tesisnya begitu, bukannya matematika itu tentang rumus rumus ya, aku cuma bisa senyum senyum kecut....kenapa tentang asuransi? jadi, pascasarjana matematika itu ada minatnya juga, ada aljabar, analisis, aktuaria, matematika terapan, statistika, keuangan, matematika pendidikan, dan pilihanku jatuh ke aktuaria, proses nentuin minat juga ga segampang itu, bukan cuma aku minatnya dimana, menurutku apapun minat kita kalau kita serius ngejalaninnya, yakin dan percaya pasti bisa... selama kita ga tertekan ngejalani semua.. tentunya pilihanku jatuh di aktuaria, awalnya mau pilih yang aman-aman saja,, dan ternyata sama saja saya masuk di kandang harimau,, jadi semua minat itu sama sama susah.. beruntungnya saya dibimbing sama pembimbing tesis saya yang sekarang adalah ketua jurusan matematika, dulu waktu ngebimbing saya beliau masih sekretaris jurusan, beliau orangnya baik sekaliiiiii, Alhamdulillah.. dibimbing sama beliau jadwal bimbingannya sudah tersusun rapih di kalendernya bapak, tiap jam pokoknya update... kalau mau bimbingan juga kayak pasien yang lagi antri di rumah sakit.. menurutku itu keren karena kita jadi ga terlalu degdegan kalau mau menghadap bapak, tiap bimbingan harus ada progresnya, kalaupun tidak kita bisa curcol, hehe...

dua tahun kujalani kehidupanku sebagai mahasiswi, kos kampus kos kampus diselingi jalan-jalan singkat biar ga stress... pulang kampung 5 bulan sekali, rindu suasana rumah dan sekelilingnya, rindu masakan mama, rindu makanan khas makassar, semuanya jadi satu kesatuan membentuk club kegalauan...

alhamdulillah hari ini, dua jam sidang tesis akhir berjalan lancar walaupun sempat lupa jawabannya, ga bisa jawab lertanyaan dosen, kisah yang dipelajari malah bukan itu yang ditanyakan itu terjadi dalam dua jam itu.... dan bisa pas gitu ya, masuk kuliah 1 september 2013, hari ini 31 agustus 2015... yeayy pas 2 tahun, ga kurang ga lebih...